Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan AS Hukum Putra Anggota Parlemen Rusia 


Igor Litvak (kanan) pengacara Roman Seleznev, berbicara kepada media di Seattle setelah kliennya dijatuhi hukuman, Jumat (21/4).

Anak laki-laki seorang anggota parlemen Rusia hari Jumat (21/4) dijatuhi hukuman 27 tahun penjara dan diperintahkan untuk membayar hampir 170 juta dolar setelah dinyatakan bersalah di Seattle karena meretas bisnis Amerika untuk mencuri data kartu kredit.

Roman Seleznev meminta keringanan hukuman kepada hakim distrik Amerika, Richard Jones sebelum ia divonis.

Pengacara Seleznev mengatakan latar belakang Seleznez yang bermasalah, kesehatan yang buruk dan kesediaan untuk membantu pemerintah menangkap penjahat siber lainnya seharusnya dipertimbangkan ketika memutuskan hukumannya.

Seleznev pertama kali didakwa tahun 2011 karena melakukan 29 tindak pidana dan ditangkap tahun 2014.

Agen rahasia Amerika dibantu polisi setempat menangkap Seleznev di Maladewa ketika ia bersama pacarnya tiba di bandara dalam perjalanan mereka kembali ke Rusia.

Agen-agen membawanya dengan jet pribadi ke Guam dimana ia pertama kali hadir di pengadilan kemudian ke Seattle dimana ia menjadi tahanan federal.

Dakwaan itu bertambah menjadi 40 tuduhan pada Oktober 2014 dan pengadilannya dilangsungkan bulan Agustus lalu. Juri mendapatinya bersalah pada 38 tuduhan termasuk sembilan tuduhan peretasan dan 10 penipuan transfer.

Jaksa federal mengatakan para korbannya termasuk lebih dari 3700 lembaga keuangan yang berbeda, 500 bisnis di seluruh dunia dan jutaan pemegang kartu kredit. Pengacaranya Igor Litvak mengatakan Seleznev mengakui kesalahannya. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG