Tautan-tautan Akses

AS

AS Tolak Permintaan Exxon untuk Bor Minyak di Rusia


Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengindikasikan AS akan mempertahankan sikap keras terkait sanksi Rusia (foto: dok).

Pemerintah Amerika mengatakan tidak akan mengecualikan sanksi-sanksi bagi perusahaan Amerika yang ingin melakukan pengeboran minyak di Rusia termasuk raksasa minyak ExxonMobil.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengeluarkan pengumuman hari Jumat (21/4) yang mengindikasikan Amerika akan mempertahankan sikap keras terkait sanksi terhadap Rusia.

“Setelah berkonsultasi dengan Presiden Donald J. Trump, Departemen Keuangan tidak akan mengeluarkan pengecualian bagi perusahaan Amerika termasuk Exxon, izin pengeboran dilarang oleh sanksi-sanksi Rusia,” katanya dalam pernyataan singkat.

Exxon mengajukan izin untuk mengebor di beberapa daerah yang saat dini dilarang karena sanks-sanksi Rusia termasuk di Laut Hitam. Exxon ingin melanjutkan perusahaan gabungan dengan Rosneft, perusahaan minyak milik pemerintah Rusia.

Mantan pimpinan Exxon, Rex Tillerson yang sekarang menjadi Menlu dalam kabinet Trump telah membebaskan diri dari keputusan pemerintah terkait hal itu.

Tillerson menjalin hubungan dekat dengan pejabat Rusia termasuk Presiden Vladimir Putin dan sebelumnya menentang sanksi-sanksi itu. [my/al]

XS
SM
MD
LG