Tautan-tautan Akses

Pakistan Usir Tim Penasihat Militer Inggris


Pasukan Pakistan siaga di dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Pasukan Pakistan siaga di dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan.

18 penasihat militer Inggris itu berada di Pakistan untuk melatih paramiliter Korps Perbatasan Pakistan memerangi Taliban.

Harian Inggris The Guardian mengatakan Pakistan telah mengusir tim pelatih militer Inggris yang dikirim untuk membantu memerangi Taliban dan al-Qaida.

Guardian melaporkan hari Minggu bahwa Kementerian Pertahanan Inggris telah mengukuhkan penarikan sekurang-kurangnya 18 penasihat militer yang merupakan bagian dari program bernilai 24 juta dolar untuk melatih paramiliter Korps Perbatasan.

Dikatakan, pengusiran itu merupakan imbas operasi militer satuan khusus Amerika bulan Mei di Pakistan utara yang menewaskan pemimpin al-Qaida Osama bin Ladin. Guardian melaporkan bahwa dampak operasi militer itu terus mengguncang hubungan antara Islamabad dan sekutu-sekutu Baratnya.

Guardian melaporkan Kementerian Pertahanan mengatakan melalui pernyataan yang dikirim dengan email bahwa penarikan itu bersifat sementara dan dilakukan atas permintaan pemerintah Pakistan karena keprihatinan keamanan.

Para penasihat militer itu dikirim ke Pakistan bulan Agustus dan dijadwalkan berada di sana hingga tahun 2013.

XS
SM
MD
LG