Tautan-tautan Akses

Ponsel Kurir Bin Laden Indikasikan Keterkaitan dengan Intel Pakistan


Kurir kepercayaan Osama bin Laden ikut tewas dalam penggerebekan pasukan elit di kompleks di Abbottabad, Pakistan.

Kurir kepercayaan Osama bin Laden ikut tewas dalam penggerebekan pasukan elit di kompleks di Abbottabad, Pakistan.

Ponsel milik kurir Osama bin Laden yang ditemukan saat penggerebekan, memuat kontak dengan sebuah kelompok militan yang dekat dengan badan intelijen Pakistan.

Sebuah suratkabar terkemuka Amerika melaporkan sebuah ponsel milik kurir bin Laden, yang ditemukan dalam penggrebekan yang menewaskan pemimpin al-Qaida Osama bin-Laden di Pakistan, memuat kontak dengan sebuah kelompok militan yang mempunyai hubungan kuat dengan badan intelijen Pakistan.

Dengan mengutip pejabat-pejabat Amerika yang tidak disebut namanya, New York Times mengatakan hasil temuan dari telepon itu memberi indikasi bahwa kelompok tersebut, Haradat-ul-Majahedeen, adalah bagian dari jaringan pendukung bin Laden di dalam Pakistan.

Laporan itu mengatakan ponsel itu adalah milik penghubung yang paling dipercayai bin Laden. Penghubung tersebut tewas bersama pemimpin al-Qaida itu dalam penggrebekan tanggal 2 Mei oleh regu Seal Angkatan Laut Amerika terhadap kompleks bin Laden di kota Abbottabad.

Harian New York Times mengatakan para analis Amerika telah menentukan bahwa para komandan Harakat telah menelpon para pejabat intelijen Pakistan, tetapi tidak ada bukti yang tak terbantah bahwa badan intelijen Pakistan memegang peranan dalam melindungi bin Laden.

Seorang pejabat Amerika dikutip mengatakan telepon tadi adalah “alat yang sangat bermanfaat” dalam menentukan bagaimana bin Laden dapat hidup selama bertahun-tahun di sebuah kota yang didominasi militer Pakistan.

XS
SM
MD
LG