Tautan-tautan Akses

Inggris-Pakistan Sepakati Kerjasama Kontraterorisme


PM David Cameron menyambut kunjungan Presiden Asif Ali Zardari di kantor PM Inggris di Downing street, London (1/7).

PM David Cameron menyambut kunjungan Presiden Asif Ali Zardari di kantor PM Inggris di Downing street, London (1/7).

Kesepakatan itu dicapai dalam pembicaraan antara PM Inggris David Cameron dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di London.

Inggris dan Pakistan sepakat untuk bekerja sama dalam memerangi terorisme. Perdana Menteri Inggris David Cameron bertemu Presiden Pakistan Asif Ali Zardari di London, pembicaraan pertama seperti itu sejak pasukan Amerika membunuh pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden di Pakistan tanggal 2 Mei.

Awal pekan ini, Kedutaan Besar Inggris di Islamabad mengatakan Pakistan meminta Inggris untuk sementara menarik beberapa tim pendukung pelatihan militer Inggris karena "kekhawatiran keamanan." Kedutaan itu tidak menjelaskan lebih detil.

Hubungan antara Pakistan dan Barat memburuk setelah bin Laden tewas, sementara Pakistan memrotes serbuan itu sebagai pelanggaran atas kedaulatannya.

Hari Jumat, pejabat-pejabat mengatakan Perdana Menteri Cameron mengatakan kepada Presiden Zardari bahwa Inggris berpihak pada Pakistan dalam memerangi militansi.

Perdana Menteri Inggris membuat marah pejabat Pakistan tahun lalu ketika, dalam kunjungan ke India, ia menuduh Pakistan "bermuka dua" dalam memerangi terorisme.

Dalam berita terkait, pejabat-pejabat Pakistan mengatakan sepasang warga Swiss diculik ketika sedang bepergian di Pakistan barat daya. Pasangan itu dilaporkan sedang jalan-jalan di distrik Loralai yang terpencil di provinsi Baluchistan ketika diculik.

Pejabat-pejabat provinsi mengatakan kedua warga Swiss itu tiba di pos pemeriksaan polisi hari Jumat, dan mobil mereka kemudian ditemukan dalam keadaan kosong di daerah tersebut. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas insiden itu.

Baluchistan selama ini telah menangani militansi Taliban, pemberontakan separatis dan kekerasan sektarian.

XS
SM
MD
LG