Tautan-tautan Akses

Obama Serang Balik Fraksi Republik di 3 Negara Bagian


Presiden Obama dalam pidato mingguannya dari Gedung Putih, Sabtu (8/13).

Presiden Obama dalam pidato mingguannya dari Gedung Putih, Sabtu (8/13).

Menurut Obama, semua warga Amerika berhak untuk frustasi. Amerika jatuh dalam kesulitan ekonomi tidak dalam waktu sekejap sehingga diperlukan waktu yang juga tidak singkat untuk bisa keluar dari kesulitan tersebut.

Presiden Amerika Barack Obama melakukan lawatan ke tiga negara bagian di bagian barat tengah Amerika. Lawatan tersebut ditujukan untuk menjawab para penentangnya dari fraksi Republik yang menuduhnya tidak cukup banyak berbuat untuk memperbaiki perekonomian.

Angka dukungan terhadap Presiden Obama jatuh setelah terjadinya penurunan peringkat kredit Amerika baru-baru ini, perdebatan mengenai pagu utang dengan Kongres dan tingkat pengangguran lebih dari sembilan persen yang tak juga mengalami perbaikan.

Obama mengatakan dalam pidato radio mingguannya pada hari Sabtu bahwa jatuhnya perekonomian AS tidak terjadi dalam waktu sekejap, sehingga membutuhkan waktu yang juga tidak singkat untuk keluar dari kesulitan tersebut. Namun, ia mengakui hak semua warga Amerika untuk merasa frustasi akibat kesulitan ekonomi yang berkelanjutan.

Ia akan menghabiskan tiga hari mendatang membicarakan masalah ekonomi dan pekerjaan di Minnesota, Illinois dan Iowa, di mana Partai Republik sedang mengadakan jajak pendapat tidak mengikat untuk mencari tahu siapa kandidat presiden paling potensial untuk pemilu tahun 2012.

Anggota Kongres Michele Bachmann dari Minnesota memenangkan pemilihan tidak mengikat di Iowa yang disebut straw poll, tahap awal untuk mengamati kecenderungan pemilih. Anggota Kongres dari Texas, Ron Paul, meraih tempat kedua. Bachman menjadi favorit dari para aktivis Tea Party yang konservatif. Ia mendukung penurunan pajak dan pemerintah federal yang lebih kecil, dan mengatakan tujuannya adalah menjadikan Obama presiden untuk satu masa jabatan saja.

Mantan Gubernur Minnesota Tim Pawlenty menempati posisi ketiga dengan perolehan suara yang jauh lebih kecil. Ia kemudian mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden. Sementara itu, Gubernur Texas Rick Perry mengumumkan pencalonan dirinya sebagai kandidat presiden Partai Republik.

Perry tidak ikut dalam pemilihan di Iowa. Namun, ia memperoleh lebih banyak suara tertulis dibandingkan mantan Gubernur Massachussetts Mitt Romney, yang ikut dalam pemilihan itu dan dianggap sebagai salah satu favorit.

XS
SM
MD
LG