Tautan-tautan Akses

Kontestan Capres AS Ancam Sanksi Terhadap Tiongkok


Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney, kontestan kuat calon presiden Presiden dari partai Republik (foto:dok).

Mantan Gubernur Massachusetts, Mitt Romney, kontestan kuat calon presiden Presiden dari partai Republik (foto:dok).

Mitt Romney, Capres AS dari partai Republik mengatakan akan menandatangani instruksi Presiden berupa sanksi untuk Tiongkok pada hari pertamanya menjabat sbagai Presiden AS.

Seorang kontestan kuat calon presiden terkemuka mengatakan bahwa, kalau terpilih, ia akan segera memerintahkan sanksi perdagangan terhadap Tiongkok karena memanipulasi mata uangnya.

Mitt Romney dari partai Republik, yang sampai baru-baru ini merupakan kontestan terkuat dalam persaingan untuk terpilih sebagai penantang Presiden Barack Obama tahun depan, mengeluarkan ancaman itu dalam program penciptaan lapangan pekerjaan yang diumumkannya pekan ini.

Para analis kampanye mengatakan gagasan Romney itu adalah tanda awal bahwa mengeritik Tiongkok kemungkinan populer di antara calon dalam pemilihan presiden tahun 2012.

Ia mengatakan bahwa kalau terpilih, pada hari pertamanya memegang jabatan ia akan menandatangani instruksi presiden berupa sanksi terhadap Tiongkok karena praktek perdagangan tidak adil, kecuali kalau Tiongkok segera bertindak untuk membuat mata uangnya dapat sepenuhnya dipertukarkan.

Banyak mitra dagang Tiongkok mengeluh bahwa Tiongkok mencapai keunggulan yang tidak adil dalam perdagangan dengan menjaga nilai mata uangnya tetap rendah.

XS
SM
MD
LG