Tautan-tautan Akses

Pemerintah Obama Ubah Kebijakan Deportasi


Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Janet Napolitano (kanan) mengusulkan perubahan prioritas kebijakan deportasi.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Janet Napolitano (kanan) mengusulkan perubahan prioritas kebijakan deportasi.

Kebijakan deportasi akan lebih terfokus pada penjahat yang terbukti bersalah dan mereka yang mengancam keselamatan umum.

Pemerintah Obama akan meninjau-ulang lebih dari 300 ribu kasus imigran gelap yang menghadapi deportasi untuk menentukan apakah mereka bisa tinggal di Amerika.

Dalam surat kepada sekelompok anggota Kongres, Menteri Keamanan Dalam Negeri Janet Napolitano mengatakan pejabat-pejabat akan mengkaji ulang setiap kasus guna mengidentifikasi pelanggar imigrasi "prioritas rendah", termasuk mereka yang telah lama berada di Amerika. Ini dimaksudkan agar departemen itu bisa lebih terfokus pada deportasi penjahat yang terbukti bersalah dan mereka yang mengancam keselamatan umum.

Kebijakan baru itu disambut baik oleh Senator Demokrat Dick Durbin, yang telah mensponsor undang-undang yang kelak akan membuat mereka memperoleh kewarganegaraan Amerika bagi imigran gelap yang datang ke Amerika selagi masih anak-anak.

Tapi anggota Kongres fraksi Republik mengatakan pemerintah menghindari Kongres, dan bahwa kebijakan itu mengarah ke pemberian pengampunan, atau amnesti, bagi imigran gelap.

XS
SM
MD
LG