Tautan-tautan Akses

Obama Bepergian dengan Bis Baru Jutaan Dolar


'Bus Force One' atau bis kepresidenan yang digunakan Obama yang berharga sekitar 1,1 juta dolar AS. Secret Service membeli dua buah bis seperti ini.
'Bus Force One' atau bis kepresidenan yang digunakan Obama yang berharga sekitar 1,1 juta dolar AS. Secret Service membeli dua buah bis seperti ini.

Pihak pengawal kepresidenan mengatakan, total harga kedua bis lapis baja yang berukuran panjang itu sekitar 2,2 juta dolar.

Presiden Barack Obama melawat ke Amerika barat tengah dengan bis lapis baja berukuran panjang dan mulus bernilai satu juta dolar.

Kendaraan itu merupakan salah satu dari dua bis yang dibeli oleh Secret Service atau pengawal kepresidenan awal tahun ini dan diubah untuk mengakomodasi perjalanan kepresidenan.

Juru bicara Secret Service, Ed Donovan mengatakan kedua bis itu juga akan digunakan oleh pejabat-pejabat lainnya dan calon presiden dari Partai Republik setelah partai itu menyeleksi seorang kandidat tahun depan.

Ia mengatakan pada perjalanan dengan bis sebelumnya Secret Service menyewa sebuah kendaraan dan merombaknya sehingga layak untuk presiden, lalu memulihkannya seperti kondisi semula sebelum mengembalikannya.

Kedua bis lapis baja yang baru itu berjendela kebal peluru begitu juga bannya dan semua jendelanya diberi warna gelap sehingga sesuai dengan cat bis yang hitam mengkilap.

Pihak Secret Service mengatakan total harga kedua bis itu 2,2 juta dolar. Kedua kendaraan itu diperkirakan bisa bertahan sampai sekitar 10 tahun.

XS
SM
MD
LG