Tautan-tautan Akses

8 Kontestan Capres AS dari Partai Republik Berdebat di Iowa


3 dari 8 kandidat Presiden dari Partai Republik yang mengikuti debat di Iowa, dari kiri: Mitt Romney, Michele Bachmann, dan Tim Pawlenty (11/8).

3 dari 8 kandidat Presiden dari Partai Republik yang mengikuti debat di Iowa, dari kiri: Mitt Romney, Michele Bachmann, dan Tim Pawlenty (11/8).

Perdebatan di Universitas Negeri Iowa di kota Ames itu diadakan hanya beberapa hari sebelum pemungutan suara percobaan di Iowa.

Ke-8 orang yang sudah menyatakan diri kontestan calon presiden Amerika dari Partai Republik menggunakan perdebatan televisi yang ditayangkan secara nasional Kamis malam untuk mengecam prestasi ekonomi Presiden Barack Obama, sementara mengarahkan ucapan-ucapan mereka satu sama lain .

Perdebatan di Universitas Negeri Iowa di kota Ames itu diadakan hanya beberapa hari sebelum pemungutan suara percobaan di Iowa State Fair yang dapat menunjukkan kontestan yang mempunyai peluang wajar untuk menjadi calon presiden dari Partai Republik tahun depan.

Salah satu perdebatan yang paling mengesankan terjadi antara dua kontestan dari Minnesota, mantan gubernur Tim Pawlenty dan Anggota Kongres Michelle Bachmann. Pawlenty mengritik prestasi Bachmann di Kongress, dengan mengatakan prestasinya tidak ada. Bachmann menjawab dengan mengingatkan dukungan Pawlenty di masa lampau untuk membatasi emisi karbon dan langkah-langkah lain yang sama dengan sikap Obama.

Para kontestan lain yang turut dalam perdebatan hari Kamis, antara lain, mantan Gubernur Masschusetts Mitt Romney, yang saat ini kontestan unggulan untuk memenangkan pencalonan; mantan ketua DPR Newt Gingrich; Jon Huntsman, yaitu mantan Gubernur Utah yang juga bekas dutabesar Amerika untuk Tiongkok; anggota Kongres Ron Paul; mantan Senator dari Pennsylvania Rick Santorum, dan pimpinan perusahaan restoran Herman Cain.

XS
SM
MD
LG