Tautan-tautan Akses

Karzai Desak Pakistan Berperan dalam Proses Perdamaian Afganistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai (kiri) dan Presiden Pakistan Asif Zardari memberikan konferensi pers bersama di Islamabad (10/6).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai (kiri) dan Presiden Pakistan Asif Zardari memberikan konferensi pers bersama di Islamabad (10/6).

Dalam kunjungan di Islamabad, Presiden Karzai mengatakan 'peran persaudaraan' Pakistan penting untuk mengalahkan terorisme.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengimbau Pakistan untuk membantu negaranya mencapai stabilitas.

Karzai tiba di Islamabad hari Jumat untuk bertemu sejawatnya Asif Ali Zardari. Setelah pembicaraan, kedua presiden kepada wartawan mengatakan hubungan Afghanistan-Pakistan tetap kuat, dengan kedua negara berbagi tujuan bersama untuk perdamaian dan kesejahteraan.

Presiden Afghanistan mengatakan "peran persaudaraan" Pakistan penting untuk mengalahkan terorisme di kawasan itu.

Kunjungan Presiden Karzai ke Pakistan adalah yang pertama sejak pemimpin al-Qaida Osama bin Laden tewas dalam serangan Amerika di kota Abbottabad, Pakistan, tanggal 2 Mei.

Hubungan Afghanistan dan Pakistan sebelumnya diwarnai ketidakpercayaan. Presiden Karzai berulang kali mengimbau agar Pakistan berbuat lebih banyak untuk memerangi militan di kawasan perbatasan yang melancarkan serangan ke Afghanistan. Dan Presiden Karzai telah mengatakan pembunuhan bin Laden di Pakistan menunjukkan, perang melawan terorisme seharusnya difokuskan pada Islamabad, bukan Kabul.

Amerika mendesak Pakistan berperan produktif dalam proses rekonsiliasi Afghanistan dengan Taliban.

Pakistan adalah salah satu dari tiga negara yang mengakui pemerintahan Afghanistan pimpinan Taliban tahun 1990. Dan beberapa anggota badan intelijen Pakistan diduga membina hubungan dengan Taliban maupun kelompok pemberontak lain di Afghanistan.

Ketua dewan perdamaian Afghanistan, mantan Presiden Burhanuddin Rabani, ikut dalam delegasi Presiden Karzai ke Pakistan. Rabani hari Jumat membahas upaya rekonsiliasi Afghanistan dengan ulama pro-Taliban Fazlur Rehman, yang mengetuai partai Islam terkemuka di Pakistan. Komisi perdamaian bersama juga dijadwalkan bertemu selama kunjungan dua-hari Karzai itu.

XS
SM
MD
LG