Tautan-tautan Akses

AS Sambut Persetujuan Perdagangan Afghanistan-Pakistan


Presiden Karzai (kiri) dan Presiden Zardari mengumumkan Persetujuan Transito menggantikan persetujuan tahun 1965.

Presiden Karzai (kiri) dan Presiden Zardari mengumumkan Persetujuan Transito menggantikan persetujuan tahun 1965.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari meyepakati Persetujuan Transito Perdagangan kedua negara.

Amerika Serikat menyambut baik pengumuman Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari mengenai pelaksanaan sepenuhnya tanggal 12 Juni Persetujuan Transito Perdagangan antara kedua negara.

Dalam pernyataan hari Senin, Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pengumuman itu menunjukkan dengan nyata visi bersama kedua presiden mengenai pembangunan, kemakmuran dan perdamaian. Menurut pernyataan itu, persetujuan tersebut akan memberi sumbangan yang penting bagi kestabilan kawasan itu.

Pernyataan itu mengatakan pelaksanaan sepenuhnya persetujuan tersebut akan mengurangi biaya dan waktu pengangkutan antara kedua negara dan berfungsi sebagai teladan bagi kawasan itu.

Menurut pernyataan tersebut, persetujuan itu juga akan membantu mengurangi penyelundupan lintas perbatasan dan meningkatkan pemasukan dari perdagangan yang sah. Kedua negara sudah menyatakan minat untuk memperluas jangkauan persetujuan itu melalui perundingan dengan negara-negara lain yang berminat di kawasan itu.

Persetujuan Transito Perdagangan Afghanistan-Pakistan diselesaikan setelah perundingan bertahun-tahun dan menggantikan persetujuan yang sudah usang dari tahun 1965. Departemen Luar negeri Amerika mengatakan pelaksanaan sepenuhnya menunjukkan terus adanya tekad kedua negara untuk bekerjasama untuk mengatasi hambatan teknis dan politik.

XS
SM
MD
LG