Tautan-tautan Akses

Gates Lanjutkan Lawatan Perpisahan di Afghanistan


Menhan AS Robert Gates melakukan pidato perpisahan di hadapan tentara AS di provinsi Kandahar (5/6).

Menhan AS Robert Gates melakukan pidato perpisahan di hadapan tentara AS di provinsi Kandahar (5/6).

Menhan Gates, yang pensiun akhir bulan ini, mengunjungi tentara AS di di propinsi Paktika, Afghanistan yang berbatasan dengan Pakistan.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates yang akan pensiun melakukan lawatan perpisahan ke tentara Amerika di Afghanistan. Hari Senin ia terbang ke sebuah pangkalan tentara di propinsi Paktika, yang berbatasan dengan Pakistan.

Pangkalan operasi di distrik Omnah itu berada di bagian yang terpencil dan berbahaya dari propinsi tersebut.

Menteri Gates, yang pensiun akhir bulan ini, mengunjungi Afghanistan selatan hari Minggu. Dalam pidatonya dalam lawatan ke pangkalan-pangkalan di propinsi Kandahar dan Helmand, Gates mengatakan penarikan pasukan Amerika yang akan segera dilakukan akan dimulai dengan pasukan pendukung, bukan pasukan perang.

Gates juga memperingatkan Presiden Afghanistan Hamid Karzai bahwa negaranya perlu meningkatkan keamanan, dan kegagalan melakukan hal itu akan mengancam penarikan pasukan Amerika.

Komandan-komandan lapangan di kedua pangkalan mengatakan mereka telah melihat perbaikan keamanan yang signifikan, tetapi aksi kekerasan masih berkobar. Hari Minggu, empat tentara NATO tewas di Afghanistan selatan dan timur.

XS
SM
MD
LG