Tautan-tautan Akses

Informasi Intelijen AS Dibocorkan kepada Militan Pakistan


Pejabat AS heran, pemberontak Taliban telah meninggalkan tempat sebelum pasukan Pakistan tiba (foto: ilustrasi).

Pejabat AS heran, pemberontak Taliban telah meninggalkan tempat sebelum pasukan Pakistan tiba (foto: ilustrasi).

Pejabat AS prihatin bahwa informasi itu dibocorkan di dalam Pakistan, atau pemberontak diberitahu langsung oleh badan intelijen Pakistan.

Suratkabar terkemuka Amerika melaporkan hari Jumat bahwa para pejabat intelijen Amerika telah dua kali memberi informasi kepada Pakistan mengenai lokasi tertentu pabrik pembuatan bom pemberontak, namun tempat tersebut didapati telah ditinggalkan pemberontak sebelum pasukan Pakistan tiba.

Harian Washington Post mengutip para pejabat Amerika yang mengatakan bahwa mereka tidak tahu bagaimana rencana operasi itu bisa bocor ke pihak pemberontak. Suratkabar itu mengatakan Amerika menyerahkan video pengintaian dan informasi lain mengenai tempat-tempat pembuatan bom pada pertengahan Mei kepada Pakistan.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari usaha pembinaan saling mempercayai, setelah pembunuhan pemimpin al-Qaida Osama bin Laden dalam penggrebekan Amerika di wilayah Pakistan awal bulan lalu.

Harian itu melaporkan, para pejabat Amerika prihatin informasi dibocorkan di dalam Pakistan, atau pemberontak diberitahu langsung oleh badan intelijen Pakistan. Washington Post mengatakan seorang pejabat tinggi militer Pakistan mengatakan hari Jumat Amerika juga memberi informasi mengenai sarana penyimpanan senjata yang juga ditemukan kosong.

Pakistan tetap membantah bahwa dinas keamanannya memberi informasi kepada militan.

Hubungan antara Pakistan dan Amerika telah tegang sejak bin Laden ditemukan tinggal di Pakistan, tidak jauh dari akademi militer.

XS
SM
MD
LG