Tautan-tautan Akses

Obama akan Putuskan Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan


Menhan AS Robert Gates memberikan pidato perpisahakan kepada pasukan AS di propinsi Paktika, Afghanistan (6/6). Presiden Obama akan segera mengumumkan rincian penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Menhan AS Robert Gates memberikan pidato perpisahakan kepada pasukan AS di propinsi Paktika, Afghanistan (6/6). Presiden Obama akan segera mengumumkan rincian penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Gedung Putih mengatakan keputusan penarikan pasukan Amerika di Afghanistan akan diumumkan dalam waktu tak lama lagi.

Gedung Putih mengatakan presiden Barack Obama akan segera memutuskan lingkup dan laju dari penarikan pasukan Amerika di Afghanistan.

Obama bertemu dengan penasihat senior dan pejabat militer Senin dalam pertemuan bulanan tentang Afghanistan dan Pakistan, yang pertama sejak pemimpin al-Qaida Osama bin Laden tewas pada 2 Mei dalam sebuah serangan yang dilancarkan Amerika di Pakistan.

Jurubicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan kepada reporter di Washington bahwa Presiden akan membuat keputusan tentang penarikan pasukan Amerika di Afghanistan dalam waktu tak lama lagi, setelah menerima rekomendasi dari penasihat militernya.

Obama mengirim 30 ribu pasukan ekstra ke Afghanistan pada Desember 2009 dan berjanji akan melakukan penarikan pada pertengahan 2011. Sekitar 100 ribu pasukan ditempatkan di Afghanistan.

Presiden dijadwalkan mengadakan sebuah konferensi video dengan Presiden Hamid Karzai pada Rabu.

Menteri Pertahanan Robert Gates yang akan segera habis masa jabatannya mengatakan Minggu, ia cenderung ingin pasukan pendukung, bukan pasukan tempur yang ditarik terlebih dahulu.

Menteri Pertahanan melakukan lawatan resmi terakhir ke Afghanistan, dan memperingatkan Presiden Karzai, negaranya harus meningkatkan keamanan karena kegagalan melaksanakan hal tersebut akan mengancam penarikan pasukan Amerika secara mulus.

Gates mengakhiri lawatannya Senin, dan mengunjungi pasukan Amerika di beberapa provinsi Afghanistan.

XS
SM
MD
LG