Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres Amerika Masih dalam Kondisi Kritis Pasca-penembakan


Seorang perempuan meletakkan karangan bunga di luar kantor Anggota Kongres Gabrielle Giffords di Tucson, Arizona, Sabtu, 8 Januari.

Seorang perempuan meletakkan karangan bunga di luar kantor Anggota Kongres Gabrielle Giffords di Tucson, Arizona, Sabtu, 8 Januari.

Dokter Rumah Sakit University of Arizona mengatakan Gabrielle Giffords berada dalam kondisi induksi medis koma pasca-operasi.

Pihak berwenang kesehatan mengatakan anggota Kongres Amerika dari negara bagian Arizona, Gabrielle Giffords, masih dalam kondisi kritis tetapi mereka cukup optimis dengan kemungkinan Giffords pulih setelah ditembak di kepala pada hari Sabtu dalam sebuah rentetan penembakan.

Dr Peter Rhee dari Rumah Sakit University of Arizona pada hari Minggu mengatakan kepada para wartawan, Giffords berada dalam kondisi induksi medis koma pasca-operasi. Ia mengatakan Giffords mampu mengikuti perintah-perintah sederhana dan ini mendorong optimisme para dokter akan kondisi Giffords.

Enam orang tewas dalam penembakan massal, Sabtu, di pusat perbelanjaan di Tucson, dimana Giffords, dari Partai Demokrat, sedang bertemu dengan para pendukungnya. Termasuk di antara para korban adalah seorang anak perempuan berusia sembilan tahun, seorang hakim federal, dan seorang anggota staf kongres.

Tim Jaksa Federal pada hari Minggu mengajukan tuduhan terhadap Jared Loughner, tersangka dalam penembakan itu. Loughner, 22 tahun, dikenai satu tuduhan percobaan pembunuhan seorang anggota Kongres, dua tuduhan membunuh seorang pegawai pemerintah federal dan dua tuduhan mencoba membunuh pegawai pemerintah federal.

Polisi mengatakan seorang wanita yang sedang menunggu untuk bertemu dengan Giffords merebut peluru-peluru cadangan dari tangan Loughner saat ia berhenti sejenak untuk mengisi peluru kembali. Dua orang lainnya yang kebetulan berada di tempat kejadian kemudian menjegal pria bersenjata itu.

XS
SM
MD
LG