Tautan-tautan Akses

Pihak Berwajib: Anggota DPR AS, Sasaran Penembakan di Arizona

  • Sean Maroney
  • Wita Sholhead

Anggota DPR AS, Gabrielle Giffords berada dalam perawatan ICU setelah tertembak di kepalanya.

Anggota DPR AS, Gabrielle Giffords berada dalam perawatan ICU setelah tertembak di kepalanya.

Sheriff Clarence Dupnik mengatakan, tersangka penembak tampaknya memang berniat membunuh anggota Kongres dari Partai Demokrat itu.

Pihak berwenang yang menyelidiki penembakan fatal hari Sabtu di negara bagian Arizona mengatakan mereka yakin sasaran serangan itu adalah seorang anggota Kongres perempuan.

Sheriff lokal yang terlibat dalam kasus itu, Clarence Dupnik, hari Sabtu malam mengatakan kepada wartawan bahwa tersangka penembak tampaknya berniat membunuh anggota Kongres dari Partai Demokrat Gabrielle Giffords ketika melepaskan tembakan di luar sebuah toko bahan makanan di distrik Pima dan menewaskan enam orang termasuk seorang hakim federal dan seorang anak perempuan berusia 9 tahun.

Gifford, 40 tahun, sedang mengadakan temu muka dengan para pendukungnya di luar sebuah pasar swalayan ketika 19 orang terkena hujan peluru. Sampai Minggu pagi, Gifford masih berada dalam perawatan intensif setelah tertembak di kepala. Tim dokter memperkirakan ia dapat diselamatkan.

Orang-orang yang terlibat dalam penyelidikan itu mengidentifikasi tersangka itu, yang sekarang berada dalam tahanan polisi, sebagai Jared Loughner berusia 22 tahun.

Polisi mengatakan pria bersenjata itu mungkin tidak beraksi sendiri. Polisi yakin penembak itu datang ke pasar swalayan dengan seorang lainnya, dan orang itu mungkin terlibat dalam penembakan itu.

Seorang perempuan meletakkan bunga di luar kantor anggota Kongres Gabrielle Giffords di kota Tucson, Arizona.

Seorang perempuan meletakkan bunga di luar kantor anggota Kongres Gabrielle Giffords di kota Tucson, Arizona.

Hari Sabtu Presiden Obama berbicara mengenai insiden itu dan mengatakan, "Saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga-keluarga korban penembakan itu. Kita akan menyelidiki tuntas insiden ini.”

Maret lalu, Gifford adalah salah satu dari sedikitnya 10 anggota fraksi Demokrat di Kongres yang diganggu dan diancam karena dukungan mereka untuk rancangan undang-undang reformasi layanan kesehatan. Pintu masuk kantornya di Tucson dihancurkan dalam sebuah aksi perusakan.

Bulan November lalu, Gifford terpilih lagi untuk masa jabatan ketiga di DPR. Ia terpilih untuk jabatan di Kongres pertama kali tahun 2006.

Sementara itu, Presiden Amerika Barack Obama menyerukan pengheningan cipta hari Senin pagi untuk menghormati korban-korban penembakan di negara bagian Arizona, yang mengakibatkan anggota kongres Gabrielle giffords luka parah di kepalanya.

Kata Presiden Obama, ia dan stafnya di Gedung Putih akan mengadakan pengheningan cipta pukul 11 pagi waktu Washington, dan ia juga memerintahkan bendera Amerika diturunkan setengah tiang di semua kantor sipil dan militer, termasuk Gedung Putih.

Ketua DPR John Boehner mengatakan hari Minggu bahwa pemungutan suara untuk mencabut undang-undang jaminan kesehatan yang diprakarsai presiden Obama, yang sedianya dijadwalkan minggu ini, akan ditunda. Tapi Boehner mengatakan, kendati peristiwa penembakan massal itu sangat jahat, Kongres harus tetap menjalankan tugas-tugasnya.

XS
SM
MD
LG