Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres yang Ditembak Keluar dari Keadaan Kritis


Anggota Kongres Amerika Gabrielle Giffords (foto: dok). Walaupun masih terbaring di rumah sakit, Giffords tidak lagi dalam keadaan kritis.

Anggota Kongres Amerika Gabrielle Giffords (foto: dok). Walaupun masih terbaring di rumah sakit, Giffords tidak lagi dalam keadaan kritis.

Para dokter di rumah sakit di Tucson, Arizona menaikkan status kondisi Gabrielle Giffords karena ia sekarang mampu bernapas sendiri.

Para dokter telah meningkatkan status kondisi kesehatan anggota Kongres Amerika Gabrielle Giffords dari "kritis" menjadi "serius," delapan hari setelah ia ditembak di kepala oleh seorang penembak dari jarak dekat.

Para dokter di rumah sakit di Tucson, Arizona memperbaiki status kondisi Giffords hari Minggu karena ia sekarang mampu bernapas sendiri, tanpa bantuan alat pernapasan. Pada hari Sabtu, dokter melepaskan alat bantu nafas bagi Gifford dan memasukkan selang pernafasan ke dalam tenggorokannya untuk membantu bernapas.

Giffords ditembak tanggal 8 Januari selagi ia mengadakan pertemuan publik di luar sebuah pusat perbelanjaan di Tucson. Enam orang tewas, dan 13 orang lain cedera akibat tembakan membabi-buta.

Para dokter optimis dengan peluang Giffords untuk pulih. Dalam beberapa hari ini, Giffords telah dapat membuka mata dan menanggapi perintah-perintah sederhana dengan mengangkat jari tangan dan menggerakan jari-jari kakinya.

Jared Lee Loughner, pemuda putus sekolah berusia 22 tahun, telah didakwa dengan lima tuduhan kejahatan federal, termasuk percobaan pembunuhan seorang anggota Kongres Amerika.

XS
SM
MD
LG