Tautan-tautan Akses

Pelaku Penembakan Anggota Kongres Hadapi Berbagai Tuduhan Federal


Para petugas medis di lokasi penembakan anggota Kongres Gabrielle Giffods di halaman parkir toserba Safeway di Tucson, Arizona, Sabtu, 8 Januari.

Para petugas medis di lokasi penembakan anggota Kongres Gabrielle Giffods di halaman parkir toserba Safeway di Tucson, Arizona, Sabtu, 8 Januari.

Jared Lee Loughner akan tampil di Pengadilan Federal di Phoenix untuk menghadapi berbagai dakwaan pembunuhan berencana.

Pria berusia 22 tahun yang dituduh melakukan penembakan terhadap anggota Kongres Amerika Gabrielle Giffords dari Arizona akan dihadapkan ke Pengadilan Federal di Phoenix, Senin.

Pria tersebut, Jared Lee Loughner, dikenai sebuah tuduhan percobaan pembunuhan seorang anggota Kongres, dua tuduhan membunuh seorang pegawai pemerintah federal dan dua tuduhan mencoba membunuh pegawai pemerintah federal.

Enam orang tewas dalam penembakan massal, Sabtu, di halaman parkir toserba Safeway di Tucson, di mana Giffords, dari Partai Demokrat, sedang mengadakan acara temu wicara dengan para pendukungnya. Termasuk di antara para korban, seorang anak perempuan berusia sembilan tahun, seorang hakim federal dan seorag anggota staf kongres.

Pihak berwenang kesehatan mengatakan Gabrielle Giffords masih dalam kondisi kritis, tetapi mereka cukup optimis ia akan pulih setelah ditembak di kepala.

Dr Peter Rhee dari Rumah Sakit University of Arizona [ada hari Minggu mengatakan kepada para wartawan bahwa Giffords berada dalam kondisi induksi medis koma pasca-operasi. Ia menambahkan Giffords mampu mengikuti perintah-perintah sederhana.

Polisi mengatakan seorang wanita yang sedang menunggu untuk bertemu dengan Giffords merebut peluru-peluru cadangan dari tangan Loughner saat ia berhenti sejenak untuk mengisi peluru kembali. Dua orang lainnya yang kebetulan berada di tempat kejadian kemudian menjegal pria bersenjata itu.

XS
SM
MD
LG