Tautan-tautan Akses

Polandia Kenang Korban Kecelakaan Pesawat Pekan Lalu


Ribuan orang akan hadiri upacara peringatan untuk Presiden Polandia Lech Kaczynski, istrinya dan 94 orang lain yang tewas.

Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri upacara peringatan hari Sabtu untuk Presiden Polandia Lech Kaczynski, istrinya dan 94 orang lain yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia Sabtu lalu.

Upacara selama 4 jam itu akan diadakan di Lapangan Pilsudski, Warsawa. Setelah upacara itu, akan diadakan acara doa sepanjang malam untuk Kaczynski dan istrinya.

Sebelumnya hari Sabtu, sirene meraung dan lonceng-lonceng gereja berdentang tepat pada jam ketika pesawat tersebut jatuh di kota Smolensk, Rusia barat. Selain Kaczynski dan istrinya, para pemimpin pemerintah, para pejabat militer dan pejabat-pejabat lainnya juga tewas.

Kaczynski dan istrinya akan dikuburkan hari Minggu setelah upacara pemakaman kenegaraan di Krakow. Puluhan pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, berencana untuk hadir.

Keluarga presiden itu bersikeras agar pemakaman itu dilakukan, walaupun ada kekhawatiran bahwa awan abu dari letusan gunung berapi di Islandia akan menghalangi banyak pemimpin menghadiri pemakaman itu.

XS
SM
MD
LG