Tautan-tautan Akses

Polandia Minta Hasil Penyelidikan Kejatuhan Pesawat


Dokumen hasil penyelidikan dapat memastikan ada atau tidaknya peran pengawas lalu lintas udara Rusia dalam kejatuhan pesawat itu.

Polandia meminta Rusia menyerahkan dokumen hasil penyelidikan kejatuhan pesawat bulan April lalu. Kecelakaan di dekat kota Smolensk, Rusia, tersebut menewaskan Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istri, beserta sekitar 90 politisi lainnya.

Perdana Menteri Polandia Donald Tusk mengatakan kerjasama dengan Rusia menjelang akhir penyelidikan kecelakaan ini memburuk, dibandingkan dengan kerjasama di awal penyelidikan.

Surat kabar Polandia Gazeta Wyborcza ymengutip penyidik utama Edmund Klich, yang mengatakan Rusia tidak ingin menyerahkan dokumen tersebut. Gazeta Wyborcza juga mengatakan bahwa dokumen yang diminta dapat memastikan ada atau tidaknya peran pengawas lalu lintas udara Rusia dan peralatan mereka, dalam kejatuhan pesawat itu.

Cuaca berkabut diyakini turut sebagai salah satu faktor dalam kecelakaan itu. Tetapi, para penyelidik sedang mengusut apakah Kaczynski atau orang lain dalam pesawat memaksa pilot mendaratkan pesawat, walaupun cuaca tidak mendukung bagi pilot untuk melakukan pendaratan.

XS
SM
MD
LG