Tautan-tautan Akses

100.000 di Warsawa Berkabung atas Tewasnya Presiden Polandia


Mereka yang memenuhi Lapangan Pilsudski, Warsawa, sambil membawa bendera Polandia yang berwarna putih merah.

Sirine-sirine meraung dan lonceng-lonceng gereja berdentangan ketika sekitar 100 ribu orang berkumpul di ibukota Polandia untuk mengucapkan selamat berpisah kepada mantan presiden mereka.

Banyak di antara mereka yang memenuhi Lapangan Pilsudski, Warsawa, sambil membawa bendera Polandia yang berwarna merah putih dan pita hitam, datang untuk memberi penghormatan terakhir kepada Presiden Polandia Lech Kaczynski, istrinya dan 94 orang lain yang tewas, termasuk banyak pejabat tinggi, yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Rusia Sabtu pekan lalu.

Presiden sementara Bronislaw Komorowski mengatakan kepada kerumunan masa, kecelakaan tragis itu membuat mereka sangat berduka.

Kaczynski dan istrinya akan dikuburkan hari Minggu setelah upacara pemakaman kenegaraan di Krakow. Puluhan pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Barack Obama, berencana untuk hadir, namun beberapa di antara mereka telah membatalkan rencana kunjungan karena awan abu yang menutup sebagian besar wilayah udara Eropa Utara.

Sewaktu kecelakaan terjadi, Kaczynski sedang dalam perjalanan ke sebuah tempat penyelenggaraan upacara peringatan mengenang 22 ribu tentara Polandia dan lainnya yang tewas karena dieksekusi Soviet di hutan Katyn semasa Perang Dunia Kedua.

XS
SM
MD
LG