Tautan-tautan Akses

Presiden Polandia Dimakamkan di Samping Raja-Raja


100.000 orang Polandia berkumpul di Krakow Minggu untuk menghadiri upacara pemakaman Presiden Lech Kaczynski dan istrinya Maria.

Kira-kira 100.000 orang Polandia berkumpul di Krakow hari Minggu untuk menghadiri upacara pemakaman Presiden Lech Kaczynski dan istrinya Maria yang tewas bersama 94 orang lainnya dalam kecelakaan pesawat terbang di russia minggu lalu.

Upacara pemakaman lengkap diadakan di Basilika Santa Maria, dan setelah itu peti jenazah presiden dan istrinya dibawa dengan tank-tank angkatan darat ke Katedral Wawel, dimana keduanya akan dikuburkan disamping makam raja-raja, pahlawan nasional dan seniman-seniman Polandia yang terkenal.

Ribuan orang berdiri sepanjang jalan yang dilewati iring-iringan peti jenazah sambil melambai-lambaikan bendera Polandia dan menaburkan bunga. Puluhan pemimpin dunia tadinya berencana akan pergi ke Krakow untuk menghadiri upacara itu, tapi banyak yang terpaksa membatalkan kunjungan karena penerbangan sipil di kawasan Eropa tertutup oleh awan dan debu gunung berapi yang meletus di Islandia.

XS
SM
MD
LG