Tautan-tautan Akses

Trump Pimpin Upaya Bujuk Korut Akhiri Program Senjata Nuklir


Duta Besar AS untuk Kanada, Kelly Craft, pada upacara pelantikannya di Gedung Putih, Washington, 26 September 2017.
Duta Besar AS untuk Kanada, Kelly Craft, pada upacara pelantikannya di Gedung Putih, Washington, 26 September 2017.

Duta Besar Amerika Untuk Kanada Kelly Craft, Minggu (22/4), mengatakan Presiden Donald Trump kini memimpin upaya-upaya internasional untuk membujuk Korea Utara menyudahi program senjata nuklirnya, Associated Press melaporkan.

Craft menyampaikan penilaian itu ketika para menteri luar negeri negara-negara maju, atau dikenal sebagai kelompok G7, memulai pertemuan di Toronto untuk membahas tantangan perdamaian dan keamanan global, dimana krisis nuklir Korea Utara dan ketegangan dengan Rusia menjadi fokus perhatian.

“Presiden Trump benar-benar bekerja keras dalam isu Korea Utara. Ini sesuatu yang juga kami jalin erat dengan Kanada,” ujar Craft dalam pernyataannya.

Korea Utara telah berjanji untuk menangguhkan uji coba rudal jarak jauh dan menutup lokasi uji coba nuklirnya sebelum pertemuan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Trump juga sedang mengupayakan pertemuan pentingnya dengan pemimpin Korea Utara dalam beberapa minggu ke depan, setelah mengirim Direktur CIA Mike Pompeo dalam sebuah misi rahasia untuk bertemu dengan Kim Jong Un dua minggu lalu guna mengatur agenda pertemuan. Belum ada tanggal yang ditetapkan, dan masih ada ketidakpastian sejauh mana masalah Korea Utara bisa diselesaikan Trump. [em/jm]

XS
SM
MD
LG