Tautan-tautan Akses

Presiden Korsel: Korut Tak Beri Kondisi soal Pembicaraan Nuklir


Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in (kiri) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (foto: ilustrasi).
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in (kiri) dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (foto: ilustrasi).

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in mengatakan, Korea Utara tidak memberi kondisi kepadanya dan Presiden AS Donald Trump mengenai pelarangan senjata nuklir di semenanjung Korea dalam KTT mendatang.

Moon mengatakan kepada para eksekutif perusahaan di Seoul Kamis (19/4), "Korea Utara tidak menyebut syarat apapun yang tidak dapat diterima AS, seperti penarikan pasukan Amerika dari Korea Selatan."

Ia mengatakan, "Semua yang mereka harapkan adalah mengakhiri permusuhan terhadap Korea Utara, disertai jaminan keamanan."

Moon mengatakan, "Saya pikir perlucutan senjata nuklir atau denuklirisasi tidak mempunyai arti yang berbeda untuk Korea Selatan dan Utara. Korea Utara menyatakan keinginan untuk denuklirisasi lengkap."

Dia mengatakan dialog antara kedua Korea harus dilanjutkan setelah pertemuan KTT 27 April dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dan KTT Korea Utara-Amerika, yang belum ditentukan tanggalnya.

Penilaian Moon tentang KTT yang akan datang muncul ketika Duta Besar AS untuk Perlucutan Senjata, Robert Wood mengatakan di Jenewa, Amerika "tetap bertekad untuk mencapai denuklirisasi Korea Utara yang dapat diverifikasi dan tidak dapat dibatalkan”. [ps/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG