Tautan-tautan Akses

Korut akan Hentikan Percobaan Nuklir dan Misil


Seorang pria menyaksikan penayangan berita terkait peluncuran rudal Korea Utara, di stasiun kereta Seoul, Korea Selatan, 29 November 2017. (Foto: dok).

Korea Utara telah menghentikan percobaan nuklir dan berencana menutup tempat percobaan nuklirnya.

Kantor berita resmi Korea Utara, Sabtu (21/4), mengatakan negara itu “tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir atau mengalihkan senjata nuklir atau teknologi nuklir dalam keadaan apapun, kecuali apabila ada ancaman nuklir atau provokasi nuklir terhadap Korea Utara.”

Militer Korea Utara juga menghentikan percobaan misil jarak jauh dan mengatakan penghentian itu mulai berlaku hari Sabtu.

Korea Utara mengatakan pemerintah akan mengambil langkah untuk mengalihkan fokus nasionalnya ke perbaikan ekonomi.

Perkembangan itu datang kurang dari seminggu sebelum pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dijadwalkan bertemu dengan pemimpin Korea Selatan, Moon Jae-in dalam pertemuan puncak dalam usaha untuk mengakhiri konfrontasi nuklir di Semenanjung Korea. Amerika Serikat dan Korea Utara berencana mengadakan pertemuan puncak terpisah, walaupun tanggalnya belum ditentukan.

Setelah pengumuman itu, Presiden Trump men-twit pengumuman tersebut dengan mengatakannya “kabar sangat baik bagi Korea Utara dan dunia” dan mengatakan ia sangat menunggu pertemuan puncak nanti.”

Kemudian hari Jumat (20/4), presiden men-twit ”Kemajuan sedang tercapai bagi semua pihak.”

Kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan keputusan Korea Utara itu adalah “kemajuan yang penting” untuk penghapusan nuklir di semenanjung Korea. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG