Tautan-tautan Akses

Denuklirisasi Korea Utara Isu Utama dalam Pertemuan Jenewa


Robert Wood, Duta Besar tetap AS pada konferensi pelucutan senjata di Jenewa
Robert Wood, Duta Besar tetap AS pada konferensi pelucutan senjata di Jenewa

Komitmen Korea Utara untuk denuklirisasi semenanjung Korea, diperkirakan menjadi isu utama dalam diskusi di Komite Persiapan 2018 minggu depan untuk Konferensi Peninjauan Traktat Non-Proliferasi Nuklir atau NPT tahun 2020.

"Amerika tetap bertekad pada denuklirisasi Korea Utara yang lengkap, dapat diperiksa, dan tidak dapat dibatalkan," kata Robert Wood, Duta Besar tetap AS pada konferensi pelucutan senjata.

"Kami melihat pertemuan persiapan ini untuk terus menekan Korea Utara memenuhi kewajibannya," tambahnya. Tetapi itu akan sulit dilakukan dalam konteks pertemuan ketika Korea Utara memilih keluar dari NPT pada tahun 2003, negara pertama yang pernah mundur dari Traktat.

Pertemuan minggu depan di Jenewa, yang berlangsung dari 23 April hingga 4 Mei, adalah yang kedua dari tiga sesi yang direncanakan akan diadakan sebelum konferensi peninjauan Traktat itu tahun 2020.

Lima negara senjata nuklir, Amerika, Rusia, China, Inggris dan Perancis adalah di antara 191 negara anggota NPT, yang mulai berlaku tahun 1970. [ps/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG