Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Pemimpin Republik dalam Kongres Picu Kekacauan Plafon Utang


Presiden AS Donald Trump (foto: dok).

Presiden AS Donald Trump menuduh para pemimpin partai republik dalam Kongres menimbulkan “kekacauan” politik karena tidak memasukkan aturan plafon utang ke dalam UU yang baru ditandangani untuk membantu veteran.

Trump mengarahkan tudingannya pada Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell dan Ketua DPR Paul Ryan lewat Twitter hari Kamis (24/8).

“Saya meminta Mitch M & Paul R mencantumkan aturan plafon utang ke dalam RUU V.A. (yang baru ditandatangani) agar bisa disahkan dengan mudah,” tulis Trump.

“Mereka tidak melakukannya jadi sekarang kita harus berurusan dengan Demokrat yang menahannya (seperti biasa) mengenai persetujuan Plafon Utang. Urusan yang seharusnya mudah malah jadi berantakan!”

Kongres AS punya waktu sampai akhir September untuk menaikkan plafon utang. Apabila gagal, bisa mencegah pemerintah federal membiayai sebagian utangnya atau menundanya, yang diprediksi sebagian ekonom bisa memicu kenaikan tingkat suku bunga, resesi di seluruh dunia, atau jatuhnya bursa saham.

Upaya untuk menjaga agar pemerintah federal tetap beroperasi juga harus diloloskan begitu dana apropriasi habis tanggal 30 September. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG