Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Para Pendukung Trump Akan 'Terkesan' dengan Pilihan Hakim MA


Hadirin menyimak pidato Presiden Donald Trump dalam acara makan malam amal bertema Salute to Service yang diselenggarakan di White Sulphur Springs, West Virginia, Selasa, 3 Juli 2018 (foto: AP Photo/Chris Jackson)

Presiden AS, Donald Trump, meyakinkan para pendukungnya bahwa mereka akan menyukai calon hakim Mahkamah Agung yang akan diumumkannya hari Senin.

"Saya kira kalian akan sangat terkesan," kata Trump dalam makan malam bersama pasukan AS hari Selasa malam di West Virginia.

Pemimpin AS itu memuji calon pertamanya, Neil Gorsuch, hakim pengadilan banding yang konservatif yang kini menjabat di Mahkamah Agung selama lebih dari setahun.

"Kita menang," kata Trump, menggunakan analogi olah raga baseball, dan menambahkan, "Dan kita akan menang lagi."

Minggu ini, Trump telah mewawancarai tujuh calon, enam diantaranya sekarang menjabat sebagai hakim pengadilan banding, setingkat di bawah Mahkamah Agung, dan Senator dari Utah, Mike Lee. Semuanya konservatif, sejalan dengan janji Trump kepada pemilih dalam kampanye presiden 2016, jika diberi kesempatan untuk menunjuk satu atau lebih hakim agung yang menjabat seumur hidup, ia akan memantapkan mayoritas konservatif dalam satu generasi mendatang. [my/ii]

XS
SM
MD
LG