Tautan-tautan Akses

Trump Langsungkan Pertemuan dengan 4 Calon Hakim Agung AS


Presiden Trump sedang mencari pengganti
hakim agung Anthony Kennedy yang pensiun dari Mahkamah Agung AS.
Presiden Trump sedang mencari pengganti hakim agung Anthony Kennedy yang pensiun dari Mahkamah Agung AS.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan ia sudah bertemu dengan empat calon hakim Mahkamah Agung hari Senin (2/7) dan berencana akan mengadakan pertemuan dua atau tiga kali lagi dalam usahanya mencari pengganti hakim agung Anthony Kennedy yang pensiun dari Mahkamah Agung.

Trump mengatakan kepada wartawan di Washington DC bahwa calon yang ditemuinya adalah “orang-orang luar biasa dalam berbagai hal, baik secara akademis, maupun setiap cara lainnya.”

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan Trump bertemu dengan masing-masing calon selama sekitar 45 menit. Sanders tidak mengungkapkan nama-nama calon tersebut tetapi Trump sedang mencari seseorang yang dapat menegakkan Konstitusi Amerika dan yang memiliki “kecerdasan yang tepat” dan “temperamen yang benar.”

Ketika ditanya apakah Trump mencari seorang calon yang akan mengubah “Roe versus Wade” – keputusan bersejarah Mahkamah Agung tentang aborsi, Sanders menggarisbawahi sikap Trump bahwa ia tidak menanyakan pandangan para calon tentang hak aborsi tersebut. “Presiden ‘pro-life’ (pro kehidupan) tetapi dalam proses memilih calon hakim Mahkamah Agung, sebagaimana disampaikan presiden pekan lalu, ia tidak akan membahas kasus-kasus khusus dengan para calon,” ujar Sanders. [em/al]

XS
SM
MD
LG