Tautan-tautan Akses

AS

Presiden AS: Korut Cari Masalah dengan Kembangkan Senjata Nuklir


Presiden AS Donald Trump di Washington DC (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump, Selasa (11/4) menyatakan bahwa “Korea Utara mencari masalah” dengan program pengembangan senjata nuklirnya dan menyerukan kepada China agar ikut mengendalikan Pyongyang.

Trump, dalam dua komentar lewat akun Twitter-nya, mengatakan, “Jika China memutuskan untuk membantu, hal itu baik sekali. Jika tidak, kita akan memecahkan masalah tanpa mereka!” Dia tidak merinci tindakan apa yang mungkin akan dilakukan oleh Amerika.

Trump mengatakan bahwa ia memberitahukan kepada Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan minggu lalu bahwa kesepakatan perdagangan Beijing dengan Washington “akan jauh lebih baik” bagi China “jika mereka memecahkan masalah Korea Utara.”

China adalah pendukung utama Korea Utara, dan Dewan Hubungan Luar Negeri menggambarkan Beijing sebagai “sekutu terpenting, mitra dagang terbesar, dan sumber utama pangan, senjata, dan energi bagi Korea Utara.”

Tetapi China juga telah semakin jemu dengan perilaku Korea Utara, terutama dengan tindakannya melakukan lima kali uji coba nuklir dan serangkaian uji coba rudal yang melanggar sanksi PBB. Sebagian analis percaya Korea Utara kini sedang mempersiapkan uji coba nuklir keenam. [lt]

XS
SM
MD
LG