Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Kecam Percobaan Misil Korut


Presiden AS, Donald Trump, berbicara dengan PM Jepang, Shinzo Abe, yang menyimak saat mereka berdua mengeluarkan pernyataan terkait Korea Utara di Mar-a-Lago (11/2). Palm Beach, Florida, AS. (foto: AP Photo/Susan Walsh).

Percobaan peluncuran misil Korut dikecam oleh Presiden AS, Donald Trump, yang dengan jelas mengemukakan kebijakan baru yang mungkin akan ditempuhnya untuk menghentikan kemajuan program nuklir pemerintahan Kim Jong Un.

Presiden Amerika Donald Trump dengan kata-kata yang berhati-hati mengutuk percobaan misil Korea Utara hari Minggu dan dengan jelas mengemukakan kebijakan baru yang mungkin akan ditempuhnya untuk menghentikan kemajuan program nuklir pemerintahan Kim Jong Un.

Berdiri di samping Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang menyebut peluncuran misil Korea Utara itu tidak dapat ditolerir, Trump mengatakan, “Amerika Serikat mendukung Jepang, sekutu besar kami, 100 persen.”

Dalam pertemuan puncak mereka akhir pekan, di mana kedua pemimpin bermain golf dekat rumah peristirahatan Trump Mar-a-Lago di Florida, Abe mengusahakan dan sebagian besar memperoleh jaminan kembali dari Trump bahwa Amerika Serikat akan mempertahankan persekutuan militernya yang sudah lama dengan Jepang.

Dengan percobaan misilnya, para analis mengatakan, Pyongyang ingin mengirim pesan pembangkangan kepada presiden baru Amerika itu.

Sejak memangku jabatan presiden, Trump dan menteri pertahanannya Jim Mattis telah menekankan janji yang tetap Amerika untuk mendukung sekutu-sekutunya di Asia melawan ancaman nuklir yang meningkat Korea Utara. Kunjungan pertama Mattis ke luar negeri adalah ke Asia. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG