Tautan-tautan Akses

Menlu Rex Tillerson Mengetuai Pertemuan tentang Program Nuklir Korut


ARSIP – Dalam foto ini yang adalah cuplikan dari video yang dirilis KRT hari Selasa, 7 Maret 2017, Korut meluncurkan empat rudal dari lokasi yang tidak diungkapkan di Korut. (foto: KRT via AP Video, Arsip)

Pertemuan DK PBB tentang isu nuklir Korea Utara bulan ini akan dipimpin oleh Menlu AS Rex Tillerson.

Menlu Amerika Rex Tillerson akan memimpin pertemuan DK PBB tentang isu nuklir Korea Utara bulan ini.

Dutabesar Amerika untuk PBB Nikki Haley memberitahu reporter Senin bahwa briefing Tillerson kepada negara-negara anggota akan berlangsung pada 28 April, seminggu setelah KTT antara Presiden Trump dan Presiden China Xi Jinping di Florida.

Nikki Haley mengatakan, KTT antara kedua pemimpin itu sangat penting dari berbagai segi, dan khususnya seputar isu ambisi nuklir Korea Utara.

Korea Utara telah meningkatkan uji misil balistiknya dan melakukan lima uji nuklir dalam dekade terakhir ini. Pakar mengatakan, sebuah uji nuklir ke-6 akan segera berlangsung.

Kata Nikki Haley, harapannya China akan menanggapi secara positif. “Sasarannya dalam pertemuan akhir minggu ini, adalah menjamin China bersedia bertindak terhadap Korea Utara karena kami tahu, satu-satunya negara yang akan diperhatikan Korea Utara adalah China. [jm]

XS
SM
MD
LG