Tautan-tautan Akses

Laporan: Korut Tingkatkan Kegiatan di Lokasi Uji Coba Nuklir


Gambar terbaru yang dirilis oleh 38 North, situs lembaga kajian yang berkantor di Amerika, soal kegiatan nuklir Korut (foto: dok).

Menurut laporan Lembaga Amerika-Korea, peningkatan kegiatan di lokasi utama uji coba nuklir Korea Utara selama beberapa hari terakhir bisa berarti negara itu dalam persiapan akhir untuk uji coba nuklir keenamnya.

38 North, situs yang diterbitkan lembaga kajian yang berkantor di Amerika merilis foto-foto lokasi uji coba nuklir Punggye-ri yang menunjukkan kendaraan-kendaraan lalu lalang di daerah itu dan air dipompa dari sebuah terowongan tampaknya untuk menjaga agar peralatan komunikasi dan pemantau kering.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan bersama foto-foto itu, Lembaga Amerika-Korea mengatakan kegiatan itu “konsisten dengan laporan-laporan sebelumnya,” meskipun dikemukakan bahwa ada sejumlah besar orang baru “berdiri dalam formasi” di daerah administrasi pangkalan itu.

Pernyataan itu mengatakan “berkumpulnya orang banyak seperti itu tidak pernah terjadi sejak 4 Januari 2013 yang diikuti uji coba nuklir tanggal 12 Februari”. [my/ds]

XS
SM
MD
LG