Tautan-tautan Akses

AS

Trump Desak Senat Tegakkan Veto Pendanaan Pertahanan


Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump mendesak Senat untuk menegakkan vetonya terkait anggaran pertahanan sebesar $740 miliar, meskipun ia mengklaim "kepemimpinan Partai Republik yang lemah dan lelah" di Senat mungkin akan mensahkannya.

Dalam perselisihan pertama dengan Trump menjelang akhir masa kepresidenannya selama empat tahun, DPR dengan jumlah suara besar, Senin malam memutuskan untuk membatalkan vetonya dan Senat bisa melakukan hal yang sama pada hari Rabu. Senat menyetujui undang-undang tersebut dengan selisih 84-13 awal bulan ini, jauh lebih banyak dari dua pertiga suara yang diperlukan untuk mengesampingkan veto Trump.

Trump, Selasa (29/12) menyebut undang-undang pertahanan itu sebagai "tindakan pengecut yang memalukan dan tindakan penyerahan total dari orang-orang yang lemah kepada perusahaan besar teknologi."

Ia mencuit, “Negosiasikan RUU yang lebih baik, atau cari pemimpin yang lebih baik, SEKARANG! Senat seharusnya tidak menyetujui (Rancangan Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional) sampai diperbaiki !!! "

Presiden mengecam RUU pertahanan di beberapa bidang, tanpa penjelasan mengatakan RUU itu menguntungkan China. Ia juga mengatakan RUU itu membatasi kemampuannya untuk menarik pasukan AS “yang TIDAK melakukan apa apa“ untuk keluar dari Jerman, Korea Selatan, dan Afghanistan.

Trump juga meminta pencabutan pasal yang memungkinkan penggantian nama pangkalan militer AS yang menghormati para pemimpin Konfederasi, yang memisahkan diri dari Amerika pada awal 1860-an, sebelum runtuh pada akhir Perang Saudara pada 1865.

Ia sebelumnya menyerukan pencabutan ketentuan yang melindungi perusahaan media sosial dari tanggung jawab terkait konten yang diposting penggunanya. Trump menyampaikan ketidaksenangannya bahwa Twitter sering memberi label klaimnya yang mengatakan dia ditipu dalam pemilihan ulang sebagai "disengketakan". Sementara itu twitter juga menyebut Joe Biden dari Partai Demokrat memenangkan suara Electoral College yang membuatnya menjadi Presiden AS yang baru ketika Biden di lantik tanggal 20 Januari. [my/jm]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG