Tautan-tautan Akses

AS

Trump Berencana Beri Pidato Kenegaraan Alternatif


Presiden Donald Trump menyiapkan mikrofon sebelum mulai memaparkan penutupan sebagian kegiatan pemerintah atau shutdown karena terganjal masalah imigrasi dan keamanan perbatasan, di Gedung Putih, Washington, 19 Januari 2019.

Presiden Donald Trump mengatakan ia akan menyampaikan “pidato alternatif” setelah Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan ia tidak bisa memberikan pidato kenegaraan tahunan di muka sidang gabungan Kongres pada pekan depan.

Trump menyebut keputusan Pelosi itu “suatu hal yang memalukan.”

“Dia tidak mau mendengar kebenaran,” kata Trump kepada wartawan. “Dia tidak mau rakyat Amerika mendengar apa yang sedang terjadi.”

Kata presiden, keputusan ketua DPR tidak mengizinkannya memberikan pidato dimuka Kongres sampai pemerintah dibuka kembali dari shutdown yang telah berlangsung 32 hari adalah “suatu noda besar dalam negeri hebat yang kita cintai ini, dan tindakannya ini akan dikenang dalam sejarah sebagai sangat, sangat negatif.”

Trump kemudian menambahkan bahwa kelompok Demokrat telah menjadi “partai yang sangat berbahaya bagi Amerika.” Tapi ia tidak mengungkapkan di mana dan kapan ia akan menyampaikan “pidato alternatifnya” itu.

Pelosi, Rabu (23/1), mengirim surat kepada Trump yang mengatakan bahwa DPR yang dikuasai partai Demokrat tidak akan mengijinkannya memberikan pidato dimuka DPR sampai seluruh kegiatan pemerintah beroperasi lagi. [ii]

XS
SM
MD
LG