Tautan-tautan Akses

AS

Trump Ancam Keluarkan Perintah Eksekutif Jika Kongres Gagal Sepakati Jumlah Bantuan Covid


Presiden Donald Trump berbicara di Trump National Golf Club Bedminster di Bedminster, 7 Agustus 2020. (Foto: AP/Susan Walsh)

Presiden Donald Trump, Jumat malam (7/8), mengatakan siap mengeluarkan perintah eksekutif lagi kalau anggota Kongres gagal mencapai kata sepakat tentang jumlah bantuan keuangan bagi puluhan juta warga Amerika yang terdampak Covid-19.

Trump mengatakan perintah eksekutif itu sedang disiapkan untuk menambah bantuan pengangguran sampai akhir tahun. Ia juga akan menunda pembayaran kembali utang mahasiswa, menghapuskan bunga pinjaman dan memperpanjang moratorium atau larangan pengusiran penyewa rumah yang tidak bisa membayar sewa.

Tapi tidak jelas apakah presiden punya kekuatan hukum untuk melakukan semua itu karena menurut UU, Kongreslah yang menentukan pengeluaran uang.

Partai Republik dalam Kongres tidak bersedia memberikan paket bantuan tambahan lebih dari US$ 1 triliun, sedangkan Partai Demokrat menghendaki US$2 triliun.

Puluhan juta orang Amerika baru saja kehilangan dana bantuan US$600 juta per minggu yang telah mereka peroleh sebelum ini. Badan-badan layanan sosial memperingatkan kurangnya dana tambahan itu bagi orang-orang yang kehilangan pekerjaan akan menimbulkan kekurangan makanan dan jutaan orang bisa diusir dari rumah mereka karena tidak sanggup membayar sewa. [ii/ah]

XS
SM
MD
LG