Tautan-tautan Akses

AS

Pakar Gedung Putih: Covid-19 Tersebar Luas di Wilayah Pedesaan, Perkotaan


Para tenaga kesehatan di tempat tes COVID-19 di Miami Beach, Florida, di tengah pandemi virus corona, 17 Juli 2020.

Para pakar virus corona Gedung Putih, Minggu (2/8), mengatakan wabah itu telah memasuki fase baru, menjadi “tersebar luas” di kawasan pedesaan dan perkotaan.

“Kepada semua orang yang tinggal di kawasan pedesaan: Kalian tidak kebal atau terlindungi dari virus ini,” kata Dr. Deborah Birx, koordinator satgas virus corona Gedung Putih di CNN, Minggu (2/8).

Dia mengatakan virus itu pada Agustus tidak seperti yang terjadi pada Maret dan April, ketika hanya kota-kota besar dan negara bagian padat penduduk yang melaporkan kasus corona.

Birx menekankan pentingnya mengenakan masker di dalam ruangan apabila ada lansia atau orang yang mengidap masalah kesehatan di ruangan itu.

Seorang pejabat senior Departemen Kesehatan, Laksamana Brett Giroir, tampil dalam acara TV, "Meet the Press" di NBC. Dia juga membicarakan tentang pentingnya mengenakan masker dan menghindari keramaian.

“Itu sebabnya kami mengunjungi semua negara bagian, kami bicara di radio lokal, kami memberi instruksi khusus kepada setiap gubernur mengenai masing-masing county, apa yang mereka perlu lakukan apabila county-county itu mulai bertambah kasusnya, karena itu waktunya untuk melakukan pembatasan,” katanya. County adalah daerah setingkat kabupaten.

Trump terus berkeras bahwa penyebab AS memiliki jumlah kasus terbanyak di dunia adalah karena AS melakukan lebih banyak tes dibanding yang lain. Menurut data Universitas Johns Hopkins, tercatat ada 4,6 juta orang terinfeksi Covid-19 di AS. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG