Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kritik Penasihat Virus Corona Gedung Putih


Dr. Deborah Birx, koordinator satgas virus corona Gedung Putih dan Presiden AS Donald Trump (foto: dok).

Presiden AS Donald Trump Senin (3/8) mengkritik seorang penasihat virus corona Gedung Putih setelah dia mengatakan di televisi nasional bahwa lonjakan infeksi baru "sangat tersebar luas" di pedesaan dan perkotaan.

Trump, lewat Twitter, mengklaim, "Sebagian besar negara kita dalam keadaan sangat baik. Buka sekolah!"

Penilaiannya itu disampaikan sehari setelah Dr. Deborah Birx, koordinator satgas virus corona Gedung Putih mengatakan kepada CNN, "Kita memasuki fase baru. Yang kita lihat hari ini berbeda dari Maret dan April. Kepada semua orang yang tinggal di kawasan pedesaan: Kalian tidak kebal atau terlindungi dari virus ini.”

Dalam sebuah cuitan lain, Trump mengklaim, "Kecuali New York & beberapa lokasi lain, kita JAUH lebih baik dibandingkan sebagian besar negara lain dalam menghadapi Virus China. Banyak dari negara-negara itu kini mengalami gelombang kedua yang besar. Pihak Berita Bohong berusaha keras menjadikan AS (& saya) terlihat sejelek mungkin."

Birx mengatakan apa yang dia saksikan ketika mengunjungi 14 negara bagian dalam tiga pekan terakhir, membuatnya khawatir.

"Selama saya melakukan perjalanan keliling AS, saya melihat AS tetap aktif" kata Birx. "Kalau Anda memilih untuk liburan ke tempat yang banyak kasusnya, Anda harus kembali dan melindungi mereka yang punya kondisi kesehatan kronis dan anggap diri Anda terinfeksi."

AS telah mencatat hampir 155.000 kematian dan 4.6 juta infeksi akibat virus corona. Kedua angka itu merupakan yang tertinggi di dunia. [vm/jm]

XS
SM
MD
LG