Tautan-tautan Akses

Truk Tanki Meledak di Pakistan, Sedikitnya 150 Tewas


Seorang serdadu Pakistan berjaga sementra para petugas penyelamat di lokasi meneliti TKP dari ledakan truk tanki di jalan raya dekat Bahawalpur, Pakistan, Minggu, 25 Juni 2017 (foto: AP Photo/Iram Asim)

Sedikitnya 150 laki-laki, perempuan dan anak-anak yang bergegas ke tempat kejadian truk tanki yang terbalik untuk mengumpulkan bahan bakar yang bocor tewas akibat ledakan truk tersebut.

Pejabat-pejabat di Pakistan mengatakan truk tanki yang terbalik terbakar hari Minggu, menewaskan sedikitnya 150 laki-laki, perempuan dan anak-anak yang bergegas ke tempat kejadian untuk mengumpulkan bahan bakar yang bocor. Pihak berwenang mengatakan lebih dari 100 orang terluka dalam ledakan tersebut dan banyak dari mereka dalam kondisi kritis.

Truk tanki itu dalam perjalanan di jalan raya utama dari kota pelabuhan Karachi di Pakistan selatan, ke Lahore, ibu kota provinsi Punjab, saat pengemudi kehilangan kendali atas truk itu. Pengumuman melalui pengeras suara masjid, truk tanki terbalik dan minyak yang dibawanya bocor, membuat puluhan penduduk desa bergegas ke tempat kejadian untuk mengumpulkan bahan bakar yang tumpah. Truk itu kemudian meledak, membakar orang-orang dan beberapa kendaraan di dekatnya.

Bahan bakar adalah komoditas bernilai tinggi di Pakistan. Walau berisiko, kemungkinan mendapatkannya gratis, menarik banyak orang ke lokasi kecelakaan.

Belum jelas penyebab truk tanki itu meledak. Polisi setempat mengatakan, pengemudi truk tanki tersebut selamat dan ditahan.

Bencana itu terjadi pada malam takbiran, di mana jalan-jalan biasanya ramai dengan orang-orang yang mudik untuk kumpul bersama keluarga, merayakan Idul Fitri. [ka]

XS
SM
MD
LG