Tautan-tautan Akses

AS

Texas Bersiap Hadapi Bencana Akibat Badai Harvey


Seorang pria kesulitan menggunakan payungnya saat angin kencang dan hujan menjelang datangnya badai Harvey di kota Corpus Christi, Texas, Jumat (25/9).

Gubernur Texas mengatakan badai Harvey akan menjadi bencana besar dan ia memperingatkan agar penduduk bersiap menghadapi banjir besar pada waktu badai mencapai daratan.

Sementara hari Jumat Harvey bertambah kekuatannya menjadi badai Kategori-3, Greg Abbott mengatakan telah mengajukan permohonan agar presiden menyatakan situasi darurat.

Para pakar cuaca mengatakan Harvey, yang bergerak melewati air hangat di perairan Teluk Meksiko, akan mencapai daratan Jumat malam atau Sabtu pagi.

Kecepatan angin diperkirakan akan lebih dari 200 kilometer per jam pada waktu badai mencapai garis pantai Texas sepanjang 600 kilometer.

Direktur Badan Pengelolaan Bencana Brock Long berbicara melalui saluran televisi CNN, keprihatinan terbesar adalah bahwa sebagian warga di sepanjang pantai mengabaikan peringatan pihak berwenang dan tidak mau meninggalkan rumah mereka.

Walikota Galveston, James Yarbrough, hari Jumat mengatakan badai diduga akan membuat jalan-jalan tergenang air yang mungkin baru akan surut setelah beberapa hari. [ds]

XS
SM
MD
LG