Tautan-tautan Akses

AS

Topan Besar Hantam Pesisir Texas


Sebuah papan bertuliskan "Be Nice Harvey" di salah sebuah kios di Pelabuhan Aransas, Texas, 24 Agustus 2017.

Topan Harvey menguat sewaktu bergerak melintasi perairan hangat Teluk Meksiko, menuju pesisir Texas.

Para pakar cuaca Amerika menyatakan, Harvey akan menjadi badai besar begitu mencapai daratan pada Jumat malam (25/8). Angin yang menyertai badai ini kini tercatat berkecepatan 160 kilometer per jam, dan diperkirakan akan melampaui 200 kilometer per jam sewaktu mencapai garis pantai sepanjang 600 kilometer.

Badai biasanya melemah dengan cepat begitu bergerak ke daratan. Tetapi para pakar mengatakan badai ini mengikuti pola yang tidak lazim, melambat setelah mencapai daratan, kemudian mungkin bergerak kembali ke laut sebentar dan menuju daratan sekali lagi dengan mencurahkan hujan di kawasan pesisir.

Harvey diperkirakan mencurahkan hujan hampir 100 sentimeter di wilayah luas di pantai Texas dalam tiga hari mendatang.

Pusat Badai Nasional menyatakan banjir yang “mengancam jiwa” diperkirakan akan terjadi, bersama dengan gelombang setinggi lebih dari tiga meter.

Warga Texas yang tinggal di Pantai Teluk Meksiko telah melakukan persiapan dengan tumpukan karung pasir di sekitar kawasan-kawasan yang rawan banjir. Penduduk berjejal di toko untuk membeli persediaan air dan bahan pokok lain yang cukup untuk beberapa hari. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG