Tautan-tautan Akses

New Orleans Umumkan Keadaan Darurat Karena Banjir


Awan hujan di atas langit New Orleans, 10 Agustus 2017.

Gubernur negara bagian Louisiana John Bel Edwards telah menyatakan keadaan darurat di kota New Orleans yang mulai kebanjiran minggu ini karena rusaknya sistem pompa pengering air banjir.

Kata Edwards hari Kamis (10/8) keadaannya akan tambah gawat, apabila hujan deras terus turun dalam beberapa hari mendatang. Pernyataan keadaan darurat adalah langkah persiapan untuk memobilisasi seluruh peralatan yang dimiliki negara bagian apabila banjir terus melanda kota New Orleans.

Sebagian besar kota New Orleans berada dibawah permukaan laut, sehingga harus menggunakan sistem pompa air untuk mengeringkan genangan air kalau terjadi banjir.

Banjir mulai melanda hari Sabtu lalu dan menggenangi kawasan-kawasan kota yang bahkan tidak terkena dalam bencana Badai Katrina tahun 2005.

Pompa-pompa air yang telah digunakan siang malam akhirnya rusak satu persatu, dan kota itu hanya punya satu generator pembangkit listrik yang masih berfungsi.

Walikota New Orleans Mitch Landrieu mengatakan sejumlah generator tambahan sedang diusahakan untuk mengganti pembangkit listrik yang rusak itu. (ii)

XS
SM
MD
LG