Tautan-tautan Akses

AS

Topan Harvey Diramalkan Landa Texas Jumat atau Sabtu


Warga melindungi kaca-kaca jendela rumahnya dengan kayu lapis sebagai persiapan menjelang datangnya topan Harvey di Corpus Christi, Texas (24/7).

Para peramal cuaca AS mengatakan Badai Tropis Harvey telah menguat menjadi topan ketika bergerak melintasi Teluk Meksiko pada jalur yang akan membawanya menuju pantai Texas.

Pusat Badai Nasional (NHC) hari Kamis mengatakan badai itu kini mengakibatkan angin berkecepatan 129 kilometer per jam. Para peramal cuaca memperkirakan Harvey akan menguat menjadi topan Kategori 3 (berdasarkan skala intensitas badai topan Saffir-Simpson) dengan angin berkecepatan sedikitnya 178 kilometer per jam.

Topan itu diperkirakan akan melanda Jumat malam atau Sabtu pagi, sekitar 540 kilometer di sebelah selatan-timur laut Port O'Connor, Texas.

Menurut NHC, curah hujan di beberapa wilayah di negara bagian itu bisa mencapai 64 sentimeter. Para peramal cuaca juga memperingatkan bahwa banjir “yang berbahaya” mungkin akan terjadi dan gelombang laut yang tinggi. Mereka mengatakan topan itu bisa melumpuhkan daratan selama sekitar tiga hari.

Penduduk di sepanjang Pantai Teluk Texas mulai bersiap-siap menghadapi topan dengan menyiapkan kantong-kantong pasir dan memborong air minum dan bahan-bahan pokok lainnya. Badan Cuaca Nasional mengatakan topan terakhir kali melanda Texas bagian selatan 14 tahun lalu. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG