Tautan-tautan Akses

Terima Anugrah SAG Awards, Robert De Niro Sampaikan Pidato Bernuansa Politik


Aktor Robert De Niro (kiri) menerima hadiah “pencapaian seumur hidup” dari “Screen Actors Guild” atau SAG Minggu malam (19/1).
Aktor Robert De Niro (kiri) menerima hadiah “pencapaian seumur hidup” dari “Screen Actors Guild” atau SAG Minggu malam (19/1).

Robert De Niro menerima banyak pujian tentang karirnya yang cemerlang dan tepuk tangan meriah dari sesama mitra bintang film ketika menerima hadiah “pencapaian seumur hidup” dari “Screen Actors Guild” atau SAG Minggu malam (19/1). Namun ia menghabiskan sebagian besar pidato di atas panggung dengan bicara soal politik.

“Ada yang benar dan ada yang salah, ada akal sehat dan ada penyalahgunaan kekuasaan,” ujar De Niro.

Lebih dari separuh hadirin di ruangan itu berdiri dan bertepuk tangan ketika De Niro mengatakan adalah tanggungjawabnya untuk berbicara tentang politik dan meskipun tidak menyebut satu nama pun, jelas yang dimaksudkannya adalah Presiden Donald Trump.

“Sebagai warga negara, saya memiliki hak yang sama dengan siapa pun – aktor, atlet, siapa pun – untuk menyuarakan opini saya,” tambah De Niro.

“Dan jika saya memiliki suara lebih besar dampaknya karena situasi saya, saya akan menggunakannya setiap kali saya melihat terjadinya penyalahgunaan kekuasaan secara terang-terangan.”

De Niro menjadi tokoh ke-56 yang menerima penghargaan tertinggi SAG Awards dalam upacara yang dilangsungkan di Shrine Auditorium, di Los Angeles, Minggu malam.

De Niro telah menjadi salah seorang pengecam utama Trump, tetapi kritik yang disampaikannya dalam pidato di SAG Awards tetap terjaga. Ia mengakhiri pidatonya dengan mengatakan “itu saja yang hendak saya sampaikan.”

Ketika menyampaikan pernyataan sebelum menyerahkan anugerah itu, aktor Leonardo DiCaprio memuji De Niro karena keotentikannya, dan mengatakan ia telah mengenal De Niro sejak masih berusia 13 tahun.

Sebelumnya De Niro sudah dua kali memenangkan Oscar untuk peran pembantu dalam “The Godfater : Part II” dan aktor terbaik dalam “Raging Bull.” Pada tahun 2011 ia juga menerima Cecil B. DeMille Awards di Golden Globes karena perannya dalam dunia hiburan dan lima tahun kemudian ia dianugerahi Presidential Medal of Freedom.

Semasa karirnya De Niro telah bekerjasama dengan sejumlah sutradara terkenal Hollywood, tetapi ia paling dikenal karena kolaborasinya dengan Martin Scorsese. Aktor veteran itu bermain luar biasa dalam film Scorsese tahun 1973 “Mean Streets,” dan setelah itu dalam banyak film lainnya, seperti “Taxi Driver,” “Goodfellas,” “Casino,” dan “The Irishman.”

DiCaprio menyebut De Niro dan Scorsese sebagai “kemitraan paling luar biasa dalam sejarah perfilman.” (em/ii)

XS
SM
MD
LG