Tautan-tautan Akses

Singapura Tahan Seorang Polisi Tersangka Pengikut ISIS


Singapura menahan seorang polisi yang berencana turut dalam konflik bersenjata di Suriah untuk mendukung ISIS (foto: ilustrasi).

Seorang polisi Singapura yang berencana turut dalam konflik bersenjata melawan pemerintah Suriah telah ditangkap bersama salah seorang rekannya, kata Kementerian Dalam Negeri hari Selasa (20/6)

Muhammad Khairul bin Mohamed, 24 tahun, ditangkap sebelumnya bulan ini berdasarkan undang-undang keamanan dalam-negeri Singapura, yang mengizinkan penahanan selama waktu tidak tentu tanpa peradilan, kata kementerian itu dalam pernyataan.

Dikatakannya, Khairul “diradikalisasi dan mempunyai maksud untuk melakukan kekerasan bersenjata di Suriah” dengan melakukan perjalanan kesana dan bergabung dengan Lasykar Pembebasan Suriah.

Kelompok tersebut, yang dibentuk oleh para pembelot dari Pasukan Bersenjata Suriah, bertujuan untuk menggulingkan pemerintah Suriah yang dipimpin oleh Presiden Bashar Assad.

Rekannya, Mohamad Rizal bin Wahid yang berusia 36 tahun, juga ditangkap bulan Juni berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam-Negeri, tetapi dibebaskan dengan peintah pembatasan yang melarangnya pindah ke alamat baru atau bepergian tanpa persetujuan, kata kementerian itu.

Rizal “tidak ingin seperti Khairul untuk turut dalam kekerasan bersenjata,” tetapi mengetahui rencananya sejak tahun 2015 dan tidak memberitahu pihak berwenang, dan bahkan menyarankan kepada Khairul berbagai cara untuk sampai ke Suriah dan tewas disana sebagai seorang syuhada,” kata kementerian dalam negeri.

Kementerian itu mengatakan Khairul memandang konflik itu sebagai pertentangan antar golongan agama, antara Muslim Sunni dan Syiah, yang mengikuti penafsiran Islam yang berbeda. [gp]

XS
SM
MD
LG