Tautan-tautan Akses

Setelah Adele Menangkan “Album Tahun Ini”, Grammy Berubah


Lady Gaga tampil dalam Grammy Awards ke-60 di Madison Square Garden, New York hari Minggu (28/1).

Meskipun kemenangan Adele dalam kategori “Album Tahun Ini” di Grammy tahun lalu bukan merupakan suatu kejutan, hal itu menandai kegagalan Beyonce lagi dalam kategori utama itu.

The Recording Academy telah dikecam keras karena tidak memenangkan “Lemonade”, album yang menggerakkan dan mengubah budaya pop dengan cara-cara berbeda dibanding penjualan album kolosal Adele. Para pengecam menilai The Recording Academy gagal mengenali elemen-elemen kreatif dan artistik album berbasis R&R, cara yang sama ketika mereka gagal mengenali album Kanye West, Eminem dan Mariah Carey selama bertahun-tahun sebagai seniman aliran rock, country dan jazz.

Tetapi Grammy menjamin bahwa tahun ini akan berbeda. Empat dari lima album nominasi tahun ini adalah album berbasis rap dan R&B milik artis berkulit hitam atau Latin. Penghargaan besar lainnya malam ini yaitu lagu dan rekaman terbaik, juga didominasi oleh musik hip hop, R&B dan Latin.

Jay-Z Jadi Bintang Utama Grammy Awards

Jay-Z adalah bintang acara hari Minggu ini (28/1) yang memimpin dengan meraih delapan nominasi, termasuk album terbaik untuk “4:44”, lagu terbaik dan rekaman terbaik untuk “The Story of OJ.” Bruno Mars juga dinominasikan dalam ketiga kategori itu. “Despacito” yang dinyanyikan Luis Fonsi, Daddy Yankee dan Justin Bieber dijagokan menerima album dan lagu terbaik tahun ini; sementara Kendrick Lamar dan Childish Gambino dinominasikan untuk album dan rekaman terbaik tahun ini.

Jay-Z memimpin dengan meraih delapan nominasi Grammy Awards ke-60,
Jay-Z memimpin dengan meraih delapan nominasi Grammy Awards ke-60,

Lamar akan membuka pertunjukkan selama tiga jam yang diudarakan di CBS pada jam 7.30 malam waktu setempat, disusul kehadiran U2 dan Dave Chappelle.

Artis lain yang akan tampil adalah Fonsi dan Yankee, Bruno Mars dan Cardi B, Lady Gaga, Pink, Gambino, Emmylou Harris dan Chris Stapleton, Elton John dan Miley Cyrus, Sam Smith, Little Big Town, Rihanna – DJ Khaled dan Bryson Tiller, serta Sting dan SZA.

Gerakan #MeToo Ramaikan Grammy Awards

Malam penghargaan ini juga akan menampilkan beberaha pertunjukkan serius. Awal pekan ini beberapa eksekutif musik terkemuka menyerukan pada artis dan penyelenggara acara untuk mengenakan sekuntum mawar putih di Grammy, guna mendukung gerakan ‘’Time’s Up’’ dan #MeToo – gerakan menentang pelecehan dan kekerasan seksual. Musisi Halsey dan Dua Lipa, juga peraih nominasi Rapsody, adalah sebagian yang mengatakan akan mengenakan mawar putih. [em/al]

XS
SM
MD
LG