Tautan-tautan Akses

Elton John Pensiun Setelah Tur Dunia Terakhir


Penyanyi Elton John tampil di tur terakhir "Farewell Yellow Brick Road" di Manhattan, New York, 24 Januari 2018, sebelum mengumumkan rencana pensiun.

Penyanyi Elton John akan pensiun setelah tur dunia tiga tahun selesai, menandai hampir 50 tahun tampil di panggung-panggung konser seluruh dunia. "Pensiun dengan meriah," kata Elton John.

"Saya sudah menjalani dengan baik. Saya pikir anda juga mengakui hal itu," kata John, Rabu (23/4/1). Dia ingin memberikan kesan kepada para penggemarnya, 'Saya menonton tur dia yang terakhir dan pertunjukannya fantastik."

Penyanyi, pianis dan komposer berusia 70 tahun itu memutuskan pensiun karena ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluarganya. Anak-anaknya akan berusia 8 dan 10 tahun, bila dia pensiun 2021. John mengatakan dia ingin bisa mengantar anak-anaknya berlatih sepak bola.

“Prioritas saya sekarang adalah anak-anak saya, suami saya dan keluarga saya,” kata dia. “Ini akhir perjalanan.”

John mengumumkan rencana pensiunnya di sebuah acara New York. Dia bermain piano dan menyanyikan “Tiny Dancer” dan “I’m Still Standing,” dalam pertunjukan itu, sambil mengenakan kacamata kahs dan jaket berwarna-warni bertuliskan “Gucci Cinta Elton.”

Tur terakhirnya, dinamai “Farewell Yellow Brick Road,” akan dimulai September. John akan tampil di 300 pertunjukan di Amerika Utara, Eropa, Asia, Amerika Selatan dan Asia. Tiket mulai dijual mulai 2 Februari.

John dijadwalkan tampil di penghargaan musik Grammy Awards di New York pada Minggu (28/1), bersama dengan Miley Cyrus dan akan menerima penghargaan Merit Award. Lagu-lagu hit antara lain “Your Song” dan “Candle in the Wind,” yang dirilis setelah kematian Putri Diana, salah satu teman dekatnya.

Selama karirnya, dia sudah menjual 300 juta rekaman, meluncurkan tur pertama pada 1970 dan membanggakan sudah melakukan pertunjukan 4.000 kali di 80 negara. Dari 1970-1976, John merilis 10 album studio dan tujuh kali berturut-turut berada di puncak tangga lagu. [fw/au]

XS
SM
MD
LG