Tautan-tautan Akses

Jay-Z pimpin perolehan nominasi Grammy 2018 pada empat kategori yang didominasi oleh artis rap dan R&B, memberi kesempatan bagi genre musik ini untuk memenangkan Grammy.

The Recording Academy Selasa siang (28/11) mengumumkan bahwa Jay-Z dinominasikan untuk lima penghargaan; termasuk album, lagu dan rekaman terbaik tahun ini. Bruno Mars dan Kendrick Lamar juga masuk dalam tiga besar peraih nominasi, disusul Childish Gambino.

Album pribadi Jay-Z “4:44” dinominasikan untuk album tahun ini bersama album Bruno Mars yang diilhami oleh petualangan R&B tahun 1990an “24K Magic”, dan Kendrick Lamar “DAMN”. Proyek soul Gambino “Awaken My Love!” dan album pop Lorde yang banyak dikritik “Melodrama” juga meraih beberapa nominasi.

“Despacito” dinominasikan sebagai lagu tahun ini bersama lagu milik Bruno Mars “That’s What I Like”, lagu Jay-Z “4:44” dan lagu Julie Michaels “1-800-273-8255” yang disebut-sebut sebagai lagu untuk mencegah bunuh diri. Michaels juga dinominasikan untuk artis pendatang baru terbaik bersama SZA, Khalid dan Alessia Cara, serta rapper Lil Uzi Vert.

Tidak ada musisi rock atau country yang dinominasikan dalam empat kategori utama. Nominasi yang utamanya diraih musisi rap dan R&B, termasuk beberapa artis Amerika keturunan Afrika dan Amerika Latin, terjadi setelah tahun lalu Grammy dikecam keras sebagian kalangan karena memenangkan “25” milik Adele dibanding album Beyonce “Lemonade”. Adele bahkan mengakui bahwa Beyonce yang seharusnya menerima penghargaan tertinggi album terbaik itu. [em/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG