Tautan-tautan Akses

Senat AS Berdebat Soal Akhiri Dukungan bagi Perang di Yaman


ARSIP - Seorang perawat mengamati seraya menimbang seorang anak yang mengalami gizi buruk dalam sebuah pusat perawatan malnutrisi di Sanaa, Yaman, 7 Oktober 2018 (foto: Reuters/Khaled Abdullah)

Mayoritas Senator Amerika menyetujui resolusi mengakhiri dukungan militer bagi koalisi pimpinan Arab Saudi yang berperang di Yaman.

Hasil pemungutan suara hari Rabu adalah 63 banding 37 dan berarti Senat bisa mulai berdebat soal resolusi itu sedini pekan depan.

Banyak anggota Kongres - fraksi Republik dan Demokrat - tidak hanya prihatin atas bencana kemanusiaan yang timbul akibat pertempuran di Yaman tetapi juga kesal atas keengganan Presiden Donald Trump menghukum Arab Saudi atas pembunuhan Jamal Khashoggi, wartawan harian Washington Post.

Serangan udara pimpinan Arab Saudi terhadap pemberontak Houthi, termasuk dengan senjata yang dibeli dari Amerika, menewaskan ribuan warga sipil Yaman, menghancurkan rumah-rumah sakit dan menyapu bersih kawasan perumahan.

Sebelum pemungutan suara hari Rabu, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis muncul di muka Senat untuk mempertahankan keterlibatan Amerika di Yaman.

Anggota Kongres merasa skeptis atas pernyataan pemerintahan Trump bahwa koalisi itu melakukan segala yang mereka bisa untuk menghindari korban sipil. [ka]

XS
SM
MD
LG